Menghidupkan Kembali Blog Lama

Sudah lama tidak update blog-blog yang dulu sering menemani perjalanan kontes-kontes SEO, sekarang sepertinya blog-blog tersebut akan bersih dari debu-debu yang menempel. Wajar saja dibilang debu yang lengket menempel, rata-rata blog dummy tersebut terakhir update tahun 2018. Saat kontes seo berlangsung dan blog saya tiba-tiba hilang gara-gara yang punya hosting hilang entah kemana, seperti yang pernah saya tulis disini.

Semenjak sepertinya gairah ngeblog dan ikutan kontes, jadi berkurang. Sampai gairah itu kembali lagi di tahun 2020 ini. Asalnya karena prihatin salah satu domain yang dulu PA 40-an sekarang PA-nya tinggal satu karena jarang diupdate dan jarang dibacklink.

Mungkin kalo masalah update masih tidak terlalu parah, karena hampir setiap bulan saya update blog dengan memasukkan postingan sponsor. Tapi karena postingan sponsor mengandung link keluar sedangkan link yang masuk nyaris tidak ada. Itulah yang membuat DA saya menjadi turun secara signifikan, walaupun DAnya masih diangkanya yang lumayan besar.

Semua Gara-Gara Kontes SEO

Tentu dalam hal positif lho ya. Saya ini termasuk yang sangat malas menulis konten, dipikiran saya kalau bisa ada orang lain yang buatin, saya sangat bersyukur sekali. Tapi kemalasan saya dalam menulis konten tersebut sangat tidak membantu dalam SEO.

Mungkin yang sering membaca artikel SEO baik di blog maupun forum sudah pernah mendengar kata-kata kontent is a King. Dan saya rasa itu betul sekali saat ini untuk bisnis yang mengandal SEO, dan ingin bertahan dalam jangka panjang.

Kalau main churn and burn tentunya yang dibutuhkan kuantitas super banyak dan modal yang tidak sedikit, serta ketekunan dan pantang menyerah. Coba aja bayangkan, domain yang digunakan untuk AGC itu bisa dibilang 90% tidak akan diperpanjang tahun kedua, dengan alasan yang serupa yaitu terkena deindex.

Belum lagi harus selalu fokus dengan update terbaru dari Google yang selalu memerangi AGC dan stigma-stigma negatif dari orang yang taunya AGC itu cuma mencuri konten orang lain.

gara-gara kontes seo

Bandingkan dengan blogger yang membuat konten bermutu yang selalu update berkala memberikan informasi yang berguna bagi pengunjung. Awalnya tentu hasilnya bisa dibilang tidak nampak, tapi itu akan terakumulasi setelah sekian lama. Dan pada akhirnya hasil dari blog tersebut yang membiayai kehidupan dari blog tersebut, tanpa perlu campur tangan dari kita sebagai pemiliknya.

Sebenarnya ini adalah pengingat buat diri sendiri yang selalu gagal fokus. Mungkin ada banyak juga blogger dan internet marketer yang gagal fokus dalam berkarir. Pengalaman mengatakan gagal fokus itu sangat menyakitkan lho, jika melihat orang yang pakai kacamata kuda fokus disatu hal dan berhasil. Sedangkan kita yang fokus dalam banyak hal, alias tidak fokus kemana-mana. Masih berkutat pada hal yang itu-itu saja, misalnya saja masalah teknis.

Masalah teknis ini sebenarnya adalah masalah awal bagi blogger, selanjutnya adalah bagaimana menjadikan masalah-masalah tersebut dihandle pihak lain. Dan kita sebagai blogger dan bisnisman memikirkan bagaimana kelanjutan bisnis ini dimasa mendatang, misalnya bagaimana cara menaikkan penghasilan ke level selanjutnya.

Inilah yang seharusnya saya lakukan sekarang, bagaimana menghandle bisnis, bukan berkutat masalah teknis. Tapi bagaimana lagi selalu ada hal aneh yang menarik perhatian saya dibagian teknis. Mungkin butuh partner yang bisa berbagi peran?

Cukup sekian dulu deh curhatnya, intinya saya senang gabung kembali di perhelatan kontes SEO. Karena banyak hal yang didapat dari riset pesaing, mulai dari cara ngebacklink yang works, bagaimana indexing dengan cepat tanpa perlu beli indexer, dan yang paling penting dengan mengikuti kontes seo saya menjadi semakin senang menulis lagi.

Artikel ini bagus lho buat disimak : https://putraeka.org/cari-sewa-bus-semarang-harga-terbaik.html